UNIMAL Open Conference System, Seminar Nasional Teknik Industri (SNTI) Tahun 2023

Font Size: 
STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DENGAN METODE AHP PADA UD. UMEGA HJ. ELIYA LUBIS KOTA TEBING TINGGI
S Syukriah, Sri Meutia, Andini Khairunisyah Siregar, Angela Prima Ranika

Last modified: 2023-10-30

Abstract


UD. Umega Roti Kacang Hj. Eliya Lubis Kota Tebing Tinggi merupakan industri kuliner khas oleh-oleh Kota Tebing Tinggi yang bergerak di bidang bakery yang berlokasi di Komplek PLN, Jl Jendral Sudirman No. 297 C Sri Padang, Kec Rambutan Kota Tebing Tinggi Sumatera Utara. UD. Umega Roti Kacang Hj.Eliya Lubis belum melakukan kegiatan strategi pemasaran yang tepat sehingga perusahaan mengalami penurunan penjualan dan terjadinya persaingan ketat yangmenjual produk yang serupa membuat perusahaan mengalami penurunan penjualan. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan suatu strategi bauran pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan produk menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan menganalisis persepsi konsumen terhadap atribut bauran pemasaran produk roti kacang agar mendapatkan bobot prioritas dan beberapa alternatif strategi yang akan dijadikan acuan untukditerapkan di UD. Umega Hj. Eliya Lubis Kota Tebing Tinggi. Hasil penentuan bobot prioritas bauran pemasaran untuk diterapkan dalam memasarkan produk yaitu strategi meningkatkan pangsa pasar (41%) yang menitik beratkan pada bauran promosi. Strategi alternatif yang dapat dilakukan adalah mempertahankankualitas produk (42%) sebagai prioritas utama bauran produk, penetapan harga dengan kualitas (31%) sebagai prioritas utama dari bauran produk, lokasi penjualan strategis (44%) sebagai prioritas utama dari bauran tempat, dan meningkatkan kegiatan promosi di media sosial (35%) dari bauran promosi.

Keywords


Analytical Hierarchy Process (AHP), Strategi Bauran Pemasaran, Volume Penjualan.