Font Size:
ANALISIS FAKTOR MAINTENANCE DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA GEDUNG (STUDI KASUS : MY TOWER APARTMENT)
Last modified: 2023-10-30
Abstract
Perawatan atau pemeliharaan (maintenance) gedung, terutama pada properti berjenis apartemen telah lama dianggap sebagai peluang pasar yang belum banyak dipertimbangkan oleh para profesional atau peneliti industri. Oleh karena itu, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil tanggapan para konsumen terhadap maintenance yang menggambarkan pula kepuasan konsumen yang dicapai. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan data-data kuantitatif berupa kuesioner yang disebarkan kepada sebanyak 60 orang penghuni apartemen dan dibandingkan tanggapannya dengan pendapat manajemen. Teknik analisis data adalah metode kualitatif dengan metode Importance-Performance Analysis. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat tiga belas dimensi yang diamati dalam pengamatan, yang meliputi Langit- langit/Plafon, Dinding, Mebel, Sistem Penerangan, Tata Udara, Kebersihan Ruangan, Kualitas Ruangan/Akustik, Transportasi vertikal, Sistem Elektronika, Sistem Sanitair, Tata Luar, Kaca Gedung, dan Alat Keamanan. Analisa data menemukan bahwa pengelola telah mendapatkan kepuasan pada dimensi kerapihan plafon, kebersihan dinding, pemasangan kaca gedung yang rapi dan baik, ketersediaan jumlah tempat sampah yang sangat memadai, ketersediaan internet di dalam gedung, kelayakan sistem sanitair, dan tersedianya alarm di setiap lantai apartemen.
Keywords
Kepuasan Pengguna, Maintenance, Importance Performance Analysis